Maros Dapat 14 Ribu Buku Digital Dari Perpusnas RI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS - Sebanyak 14 ribu buku digital diberikan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI kepada Kabupaten Maros, Jumat, 9 Juni.

Penyerahan itu dilakukan langsung Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando.

Buku digital ini nantinya diharapkan mampu meningkatkan literasi masyarakat serta memudahkan pembaca yang semakin modern.

Kepala Perpustakan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan literasi digital penting agar masyarakat maupun pelajar dapat menggunakan media sosial sesuai dengan makna otentiknya.

"Supaya para pelajar juga semakin tertarik untuk membaca, ditengah kondisi yang serba digital seperti saat ini," ungkapnya saat terhubung secara virtual dalam seminar nasional literasi berbasis masjid yang digelar IKA BKPRMI di Baruga A.

Sementara itu Bupati Maros, AS Chaidir Syam menjelaskan kalau buku sebanyak 14 ribu itu tergabung dalam satu aplikasi.

"Itu akan dipasang di perpustakaan-perpustakan yang ada di Maros,"sebutnya.

Lebih lanjut kata dia, saat ini sudah ada sepuluh perpustakan desa yang menerima bantuan komputer.

"Jadi perpustakaan tak sekadar ruang untuk menyimpan buku. Tetapi juga bakal menjadi ruang publik untuk berlatih keterampilan hingga berbagi pengalaman,"ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Maros ini juga mengatakan saat ini Pemda Maros terus berupaya mewujudkan Maros sebagai Kabupaten literasi.

"Budaya membaca terus kita galakkan mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Karena melek literasi harus menjadi kebiasaan dan membaca harus menjadi gaya hidup masyarakat di Butta Salewangang," jelasnya.

  • Bagikan