Tingkatkan SDM Pengelola Wisata, Disparbud Sinjai akan Gelar Lima Kali Pelatihan

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai akan menggelar sejumlah pelatihan.

Hal itu diungkapkan Kadisparbud Sinjai Tamzil Binawan, Jumat, (9/6/2023). Menurutnya, pariwisata sebagai sektor unggulan dalam pembangunan daerah, maka dengan itu pihaknya akan terus melakukan pengembangan di sektor pariwisata.

Pengembangan tersebut tidak hanya fasiltas dan infrastruktur, tentu harus di imbangi dengan pengembangan SDM di bidang pariwisata tersebut.

“Insya Allah pada tahun 2023 ini Disparbud akan melaksanakan pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang kepariwisataan dan kebudayaan, dimana tahun ini kita akan melaksanakan lima kegiatan pelatihan,” ungkap Tamzil saat ditemui di kantornya.

Dia menyebut lima kegiatan itu diantaranya, pelatihan desa wisata, pelatihan inovasi hygene kuliner, pelatihan pemandu wisata budaya, pelatihan pemasaran digital dan pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran.

Disamping untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya di sektor kebudayaan dan kepariwisataan, pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi-potensi wisata dan budaya yang ada di Kabupaten Sinjai.

“Pelatihan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah pelatihan desa wisata, dimana kita ketahui disini bahwa Sinjai ada 20 desa wisata sehingga kita harapkan masing-masing desa bisa mengirimkan 2 pesertanya,” imbuhnya.

Tamzil menambahkan, pelatihan peningkatan SDM Kepariwisataan juga merupakan komitmen Bupati Sinjai Andi Seto Asapa sebagai upaya untuk meningkatkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sinjai agar dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan di sektor pariwisata dan kebudayaan serta menambah perekonomi masyarakat.

  • Bagikan