Transaksi Tokopedia Naik 2 Kali Lipat, Berkat Kampanye WIB, KTP hingga Tocker

  • Bagikan
Ilustrasi Tokopedia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Sebagai perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian dari Grup GoTo, Tokopedia terus berupaya menciptakan super ecosystem untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan dan mendukung perkembangan UMKM lokal, salah satunya melalui inisiatif Hyperlocal.

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun berada dan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang. Berbagai manifestasi inisiatif hyperlocal Tokopedia, seperti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan Toko Cepat dan Irit (Tokcer), turut mengalami pertumbuhan.

Tokopedia melalui Nafisah Wulandari selaku Head of RGX Central Tokopedia mengatakan, “Menurut data internal Tokopedia, kategori Makanan & Minuman, Kesehatan, Elektronik, Rumah Tangga, dan Perawatan Tubuh menjadi beberapa kategori yang paling banyak dibeli melalui kampanye KTP dan WIB pada Januari-Mei 2023.”

Data internal Tokopedia juga mengungkapkan bahwa kampanye WIB yang turut mendorong pertumbuhan dari berbagai sisi, seperti:

  • Wilayah dengan transaksi tertinggi kampanye WIB selama kuartal 1 2023:

Kota Medan, Kota Palembang, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Makassar.

  • Kecamatan dengan kenaikan jumlah penjual yang mengikuti kampanye WIB selama Januari-Mei 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan rata-rata peningkatan jumlah penjual sebesar hampir 1,5x lipat:

Kec. Gunungsitoli dan Kec. Medan Belawan di Sumatra Utara, Kec. Sukra dan Kec. Widasari di Indramayu (Jawa Barat), Kec. Andong di Boyolali (Jawa Tengah), dan Kec. Simpang Empat di Banjar (Kalimantan Selatan).

Sementara itu, pertumbuhan transaksi turut terjadi pula pada kampanye KTP, seperti:

  • Bagikan