FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengelolaan pengaduan pelayanan publik di lingkup Kemendagri maupun pemerintah daerah se-Indonesia.
Rakor yang dilaksanakan secara virtual juga diikuti oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kadis Kominfo) dan Persandian Sinjai, Dr. Mansyur di ruang kerjanya, Selasa (20/06/2023) pagi.
Dibuka oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB RI, Prof. Diah Natalisa, melalui rakor tersebut ia menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo bahwa partisipasi publik harus terus diperkuat, khususnya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.
“Hari ini kita laksanakan kegiatan ini dimaksudkan agar upaya peningkatan kualitas pelayanan publik sejalan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat,” ucapnya.
Ia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi SP4N-LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) untuk menyampaikan aduan terkait pelayanan publik.
Setelah mengikuti rakor ini, Kadis Kominfo Sinjai mengatakan bahwa hal tersebut telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.
“Selama ini kita telah membuka pengaduan bagi masyarakat melalui pemanfaatan aplikasi SP4N-LAPOR yang dikeluarkan oleh Kemendagri. Nantinya dalam hal pengawasan terhadap pelayanan publik, kita akan bekerjasama dengan Inspektorat Daerah. Dengan harapan agar pelaksanaan pengaduan masyarakat semakin intensif,” tuturnya.