Berkunjung ke Operasi Pertambangan PT Vale, Kapolda Puji Upaya Pemulihan Lingkungan

  • Bagikan
Kunjungan Kapolda Sulsel di PT Vale

FAJAR.CO.ID, SOROWAKO-- Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso melakukan kunjungan kerja ke dalam rangka meninjau kondisi keamanan wilayah operasi pertambangan terintegrasi PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) di Sorowako, Luwu Timur,Sabtu sampai Minggu (25-26/06/2023).

Kapolda Sulsel mengatakan, lawatan ini adalah pertama kalinya dan menjadi agenda prioritas.

"Datang ke Luwu Timur adalah salah satu prioritas utama Polda untuk memastikan kondisi tetap kondusif mendekati Pemilu 2024, terutama di Luwu Timur saya diminta memonitor secara berkala keamanan Objek Vital Nasional," ujarnya.

Kapolda dan rombongan meninjau proses pertambangan nikel dari hulu ke hilir. Dimulai dari fasilitas persemaian atau Nursery, proses pengangkutan bijih yang berdampingan langsung dengan area reklamasi aktif di Bukti Solia, keliling melihat fasilitas alat pemrosesan nikel di Process Plant, dan terakhir ke Danau Matano.

Dari serangkaian kunjungan tersebut, Kapolda mengaku takjub melihat upaya pemulihan lingkungan yang berjalan dengan sangat cepat.

"Rombongan sudah survei di beberapa tempat dan sudah cukup meyakinkan bahwa sistem sudah berjalan dengan sangat baik. Saya lihat kegiatan-kegiatan pertambangan terkoordinir dengan baik, keselamatan karyawan diperhatikan, tidak ada pencemaran limbah, tidak ada penelantaran lahan yang sudah digali. Berbagai macam jenis bibit tanaman juga dipersiapkan untuk jangka panjang," ujarnya.

Kapolda bercerita, dari pengalaman meninjau proyek di berbagai daerah tempatnya bertugas, dia sering menemukan masalah dari kehadiran proyek. Tapi di PT Vale semua dilihatnya tertata dengan rapi.

  • Bagikan