Dipercepat, Unismuh Gelar Seleksi Tertulis 90 Orang Calon Mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih

  • Bagikan
Unismuh Makassar menggelar tes tertulis bagi calon mahasiswa baru pada program Pendidikan Ulama Tarjih (PUT), Rabu (5/7/2023).

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Unismuh Makassar menggelar tes tertulis bagi calon mahasiswa baru pada program Pendidikan Ulama Tarjih (PUT), Rabu (5/7/2023).

Kabarnya, tes tersebut diikuti 90 orang calon mahasiswa di Aula Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Lantai 2, Unismuh, Jl Sultan Alauddin Makassar.

Sekretaris PUT Unismuh Dahlan Lamabawa mengatakan, peserta tes berasal dari berbagai PDM se-Sulsel.

"Peserta tes berasal dari berbagai PDM se-Sulsel, pelaksanaan tes ini dipercepat pelaksanaannya agar dapat menjaring bibit unggul calon ulama,” ujar Dahlan, Rabu (5/7/2023).

Menurutnya, jumlah calon mahasantri yang mengikuti tes tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu menunjukkan respons positif PDM se-Sulsel terhadap kebutuhan kader ulama saat ini. Kader ulama yang dipersiapkan melalui program ini akan memandu umat dan secara teknis akan menjadi muballigh, guru, dan imam di amal-amal usaha Muhammadiyah.

"Bagi yang lulus agar diberikan best berupa SPP, BPP, Asrama, Listrik dan Air. Mahasiswa hanya membayar uang konsumsi Rp.500.000/bulan selama 4 tahun," tambah Dahlan.

Pada ujian itu, turut hadir juga Direktur PUT KH Abbas Baco Miro dan Wakil Direktur PUT Unismuh KM Ahmad Nasir.

Prof Ambo Asse, selaku Rektor Unismuh dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, menyatakan PUT Unismuh Makassar merupakan bagian dari upaya PP Muhammadiyah dalam mengatasi kelangkaan ulama.

“Program PUT termasuk dalam program khusus Unismuh yang merespons kekurangan ulama. Kami berharap program ini dapat menjawab tantangan masa depan Muhammadiyah," kata Ambo Asse.

  • Bagikan