Tim Peneliti FEB Unhas Gelar Pelatihan Pengolahan Cabe Rawit di Takkalasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU - Tim peneliti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Mayarakat (LPPM) Unhas sukses menggelar Pelatihan Pembuatan Olahan Cabe Rawit pada kelompok tani di Kelurahan Takkalasi, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan perekenomian desa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tim peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas. Kegiatan pengolahan dilakukan di rumah masyarakat dan sosialisasi kegiatan dilakukan di Kantor Lurah Takkalasi yang dihadiri oleh aparat pemerintah dan masyarakat setempat, Kamis (6/7/2023).

"Kegiatan ini diharapkan akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat dikembangkan dalam bentuk industri rumah tangga yang berkesinambungan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa," tutur Fitriwati Djam`an, Ketua Pelaksana.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melatih dan mendampingi ibu-ibu kelompok tani yang ada di Kelurahan Takkalasi dalam mengolah bahan makanan pangan yang tersedia melimpah di sekitar rumah masyarakat, yakni cabe rawit. Produk yang dihasilkan dari pengolahan cabe rawit ini terdiri atas 6 varian sambal cabe, yakni sambal petai, sambal ikan teri, sambal ikan tuna, sambal daging, sambal cumi dan sambal udang. Pelatihan dilakukan dalam 3 bagian, yaitu mengolah cabe rawit, packaging dan marketing produk yang dihasilkan dari olahan cabe rawit.

Sementara itu, Lurah Takkalasi, Sukarman, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh tim peneliti dari FEB Unhas tersebut. Menurutnya, di wilayahnya banyak potensi yang diharapkan bisa menambah pendapatan warganya. Dia juga berharap kegiatan yang dilakukan oleh tim peneliti FEB unhas dapat berkelanjutan sehingga betul-betul bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayahnya.(arya/fajar)

  • Bagikan