Tahun Politik, Ekonomi Indonesia Stabil Meski Investor Wait and See

  • Bagikan
Ilustrasi Inflasi Turun

"Ini menjadi penting biasanya dalam 3 sampai 4 bulan terakhir katalis apa program kandidat yang menarik bagi mereka," terangnya.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo menyatakan, menjelang pemilu biasanya kegiatan ekonomi lebih menggeliat. Terutama ketika sudah memasuki masa kampanye. Perekonomian segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan lebih bergairah.

"Perdagangan, manufacturing kecil, dan distribusi consumer goods menjadi tipe-tipe sektor UMKM yang kami dukung untuk pembiayaannya," ucap Tony dalam diskusi Kejar Mimpi Lokal Berdaya, kemarin (7/10).

Dia berharap pertumbuhan kredit UMKM bisa mencapai 15-20 persen secara year-on-year tahun ini. Makanya bank mesti lebih agresif lagi untuk menyalurkan kredit. Meski, CIMB Niaga juga tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Tony menuturkan, UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional. Baik dari sisi kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) maupun dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Selain itu, potensi pengembangan UMKM di Indonesia juga masih sangat terbuka. Terlebih saat ini semangat kewirausahaan masyarakat juga terus meningkat. (jpc)

  • Bagikan