SIT Al-Biruni Makassar Latih Kepemimpinan Peserta Didik Lewat Pawai Syiar Muharram

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Biruni Mandiri Makassar, menggelar Pawai Syiar Muharram memperingati masuknya tahun baru Islam 1445 Hijriah.

Siswa-siswi ini berjalan kaki mulai dari Benteng Rotterdam Makassar di Jl Penghibur, lalu finish di Masjid 99 Kuba CPI, Tanjung Bunga. Rabu, 19 Juli.

Direktur Pendidikan SIT Al-Biruni Mandiri, Muhammad Arafah Kube mengatakan total yang ikut ini ada sekitar 600 siswa dari tingkat TK sampai SMA. Lalu ada tambahan guru sekitar 50, ditambah orang tua siswa.

"Sekitar 1000-an peserta yang kami turunka kejalan memperingati Pawai Syiar Muharram ini," ucapnya.

Sementara untuk rut tahun ini, Rotterdam hingga ke Masjid 99 Kuba dipilih karena aman dan terjendali meskipun merupakan lokasi publik.

Temanya tahun ini membangun kepemimpinan, membangun mindset kepemimpinan dalam pawai satu Muharram, artinya Ukhuwah.

"Adanya kegiatan ini tujuannya untuk membangun lagi kepemimpinan siswa. Dimana ini merupakan bagian dari membangun jiwa, karakter,m dan kepemimpinan," ucapnya.

Siswa-siswi ini sedikit dilatih untuk terbiasa jalan, capek, terbiasa panas, karena bagaimana mereka menjadi pemimpin di masa depan jika dia gampang mengeluh dan tidak terbiasa menghadapi ini.

"Nah maka dari itu temanya adalah membangun jiwa kepemimpinan dalam ukhuwah 1 Muharram 1445. Anak-anak juga diajak harus tau persis yang mana tahun baru Islam yang mana bukan. Jangan sampai mereka memperingati tahun baru masehi dan dia tidak tau ada yang namanya tahun baru Islam," ucapnya.

  • Bagikan