Manfaatkan Hasil Desa, Dosen FKM UMI Latih Warga Desa Tadang Bone Buat Susu Jagung

  • Bagikan

MAKASSAR,FAJAR-- Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini di Desa Tadang Palie Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone, pelaksanaannya Selasa-Rabu, 18-19 Juli 2023.

Dosen FKM UMI Dr. A.Rizki Amelia, SKM.,M.Kes mengatakan Pengabdian tersebut diikuti oleh sejumlah masyarakat desa Tadang Palie, KWT di Desa Tadang Palie.

Kata Rizki, dilakukan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat dalam pembuatan susu jagung.

"Ini kami buat guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi di desa tersebut cukup banyak populasi jagung. Sehingga di manfaatkan betul," tuturnya.

Pengabdian kepada masyarakat ini atas kerjasama ristekdikti dan LPKM Universitas Muslim Indonesia.

Ketua PKM Desa, Prof dr.drg Masriadi mengatakan selama pelaksanaan kegiatan pengabdian, masyarakat sangat antusias dalam mengikuti pendamingan dan pelatihan tersebut.

Mereka mendapatkan berbagai informasi dari tim pengabdi, diantaranya adalah cara pembuatan susu jagung, bagaimana memasarkan susu jagung secara online dan membuat pembukuan dalam mengontrol keuntungan dari penjualan susu jagung tersebut.

"Hasil yang diharapkan dari tim pengabdi atas terlaksananya kegiatan pengabdian ini adalah adanya peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Tadang Palie, dan hasil perkebunan jagung dapat di manfaatkan secara maksimal sehingga seluruh hasil panen dapat bernilai ekonomis," ucapnya.

Kegiatan ini di buka oleh kepala desa Tadang Palie, A. Mappakaya Amier yang juga menjabat sebagai Ketua APDESI.

  • Bagikan