Administrasi PNUP Gandeng IKM Magfira di Gowa Susun Laporan Keuangan dan HPP

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Walaupun Pandemi Covid 19 telah berakhir di Indonesia, kondisi ekonomi belum berpihak kepada pelaku UMKM.

Pelaku UMKM semakin tercekik dengan naiknya berbagai harga kebutuhan pokok sementara pendapatan mereka tidak bertambah.

Hal ini membuat Tim pengabdian jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan kegiatan pengabdian. Bekerja sama dengan IKM Magfira di Kabupaten Gowa Sabtu, 22 Juli 2023.

Ketua Tim Pengabdian di IKM. Magfirah Kabupaten Gowa, Dr. Sumatriani, S.E., M.Si., Ak. Mengatakan ini sebagai bentuk kontribusi dalam membantu pelaku UMKM naik kelas, utamanya dalam menghadapai tantangan perekenomian yang semakin sulit.

Kata Dr Sumatriani, IKM Magfira merupakan usaha yang dirintis oleh Ibu Marlina dibidang olahan pisang yang berlokasi di Kabupaten Gowa dengan nama produk banana chips.

"Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melaksanakan satu poin tridharma yang menjadi kewajiban dosen," tuturnya.

Adapun manfaat yang diharapkan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan peningkatan pengetahuan bisnis kepada IKM Magfira.

Dr. Sumatriani, S.E., M.Si., Ak juga mendorong pelaku UMKM agar tidak berhenti belajar dalam rangka mengembangkan usaha yang dijalani.

Topik materi pada kegiatan pengabdian ini diantaranya adalah menghitung harga pokok produksi dan pembukuan keuangan yang dibawakan oleh Dr. Sumatriani, S.E., M.Si., Ak.,

Lalu ada pemasaran instagram bisnis oleh Ahmadi Usman, S.E., M.App.I&E., surat bisnis oleh Dra. Asima, M.Si., dan proposal bisnis oleh Serpian, S.ST., M.AB.

  • Bagikan

Exit mobile version