Kepala Balitbangda Makassar Buka Sosialisasi dan Diseminasi Hasil Kelitbangan, Inovasi Jadi Perhatian Utama

  • Bagikan

Untuk itu, Andi Bukti menyampaikan, langkah awal yang dilakukan salah satunya adalah melalui penilaian inovasi daerah melalui supervisi secara periodik dan berkelanjutan. Pentingnya inovasi dalam pemerintahan, mendorong pemerintah pusat menggunakan inovasi sebagai salah satu metode dan alat ukur keberhasilan pembangunan dan pelayanan publik.

"Salah satunya dapat dilihat dalam penggunaan inovasi sebagai indikator penilaian kinerja," tukasnya.

Apalagi, kata dia, Pemerintah Pusat melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri setiap tahun melakukan penilaian inovasi daerah. Penerapan inovasi daerah yang dilaporkan kepada kemendagri akan menghasilkan skor indeks. Skor indeks inilah yang akan menjadi tolak ukur suatu daerah dapat dinyatakan sebagai suatu daerah terinovatif dan layak menerima penghargaan pada Innovative Government Award (IGA).

Mantan Camat Panakkukang ini mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan dan keberlangsungan bagi inovasi pemerintah daerah melalui evaluasi terhadap kematangan inovasi baik dari segi kuantitas maupun kualitas sebelum secara resmi akan dilaporkan ke kemendagri.

Dari hasil pantauan terakhir pada akun IGA 2023 yang penginputannya akan berakhir 28 Juli 2023, masih terdapat berbagai eviden atau bukti dukung yang belum terinput dari inovasi yang terdapat pada dashboard yang tentu mempengaruhi tingkat indeks inovasi Kota Makassar.

"Kita berharap dengan kegiatan inovasi ini, mampu menambah tingkat kematangan masing-masing inovasi yang ada di dashboard kita," ungkapnya. (*)

  • Bagikan