Dua Inovasi Bapenda Sulsel Masuk 10 Besar Tingkat OPD

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak dua inovasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk dalam 10 besar lomba inovasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Sulsel (Bappelitbangda) Pemprov Sulsel.

Dua inovasi tersebut yakni aplikasi pembayaran pajak mobile, Bapenda Sulsel Mobile, yang memudahkan wajib pajak membayar pajak dari smartphone serta aplikasi pajak internal pegawai Bapenda, Padaidi, yang merupakan singkatan dari Pajak daerah digital sistem.

Kepala Bidang (Kabid) Teknologi dan Sistem Informasi (TSI), Andi Satriady Sakka S.Stp, MM, Senin 21 Agustus 2023, memaparkan dua inovasi tersebut di depan dewan juri di Makassar untuk mendapatkan predikat sebagai OPD terinovatif tahun 2023.

Bapenda masuk 10 besar bersama OPD lainnya, antara lain, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel yang menampilkan inovasi Pemuda Cinta Bahari Anti Bom dan Bius Ikan (Pacarita), Sistem Layanan Kesehatan Jiwa Terintegrasi (Silewai) oleh RSK Dadi Sulsel, dan sebagainya.

Pemaparan Kabid TSI mendapat pujian dari dewan juri, antara lain, Prof Amir Imbaruddin, Mda, PhD yang menyebut aplikasi tersebut sangat memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Pujian juga dilontarkan juri Retno Setyoningsih, S.IP. Ia mengaku sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut dan memang sangat membantu.
Juri Dermayana Arsal S.Hut, MP, Ph.D, menanyakan sistem aduan di aplikasi tersebut dan meminta umpan balik dari aduan tersebut.

  • Bagikan