Cegah Karies Gigi Pada Balita Melalui Teknologi Virtual Reality

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR - Sebagai wujud dalam pengabdian di masyarakat, empat Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan kali ini di Kabupaten Takalar.

Mereka yang melakukan pengabdian yaitu berasal dari Fakultas Ilmu Komputer, Yulita Salim sedangkan dari Fakultas Kedokteran Gigi yaitu drg. Yustisia Puspitasari, drg.Kurniaty Pamewa dan drg Mila Febrianty.

Dalam kegiatan ini mereka membahas, terkait sosialiasi Pencegahan Early Childhood Caries (ECC) pada Balita kepada Ibu PKK dan masyarakat di Desa Paddinging, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (21/8)

Salah satu Dosen pengabdi, dari Fakultas Ilmu Komputer Yulita Salim menjelaskan kegiatan PkM ini adalah upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ada tiga tahap yang direncanakan dalam skema pemberdayaan berbasis masyarakat.

"Ada tiga tahap yang direncanakan, dalam skema pemberdayaan berbasis masyarakat, yang didanai oleh DIKTI terfomus pada edukasi dan pelatihan terhadap ibu rumah tangga yang memiliki anak balita, dengan menekankan pada tata cara dan perilaku makan yang tepat," jelasnya, Kamis (24/8)

Ia menjelaskan pemanfaatan teknologi Augmented Reality, pada program ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan masyarakat tentang pentingnya nutrisi dan kesehatan gigi dalam pertumbuhan anak.

"Sudah banyak seminar telah dilakukan, yang menekankan bahwa bahwa kelainan dalam tumbuh kembang anak dapat mempengaruhi aspek fisik, psikologi, dan sosial, termasuk gangguan perilaku makan yang dapat dipantau oleh orang tua," jelas Yulita.

  • Bagikan

Exit mobile version