Wujud Kolaborasi Bersama Pemkot Kendari, Pemkab Konawe Selatan, dan BPJS Kesehatan Sabet Predikat UHC

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI - Pemerintah Kota Kendari dan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan sukses mendapatkan predikat Universal Health Coverage (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal tersebut dibuktikan dengan penyerahan piagam UHC kepada PJ. Walikota Kendari dan Bupati Konawe Selatan oleh Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal, Kamis (24/08).

Afdal menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Kendari dan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan atas capaian Universal Health Coverage (UHC) yang berhasil diraih.

“Hal ini tentunya merupakan bukti nyata atas komitmen dan dedikasi Pemerintah Kota Kendari dan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan dalam mengembangkan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Afdal menuturkan bahwa kunci terpenting dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) adalah sinergi dan komitmen kuat dari pemerintah. Komitmen untuk melindungi masyarakat melalui jaminan kesehatan ini menjadi landasan utama dalam menghadirkan perlindungan sosial bagi semua lapisan masyarakat.

“Pemerintah Kota Kendari dan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan mampu menjadi contoh dengan berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC) dengan cakupan kepesertaan Program JKN di Kota Kendari sebesar 96,50 persen, dan Kabupaten Konawe Selatan sebesar 97,70 persen. Hal ini tentunya menjadi suatu langkah progresif dalam menuju pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas,” ucapnya.

Afdal menambahkan bahwa pencapaian Universal Health Coverage (UHC) memberikan amanah baru bagi kita semua. “Ada tiga hal yang kita sebut golden triangle, yang pertama akses yaitu memastikan ketersediaan akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, selanjutnya cost, yang dulu tidak mau berobat karena alasan finansial, yang kemudian memicu peningkatan kualitas,” pungkasnya.

  • Bagikan