Cegah Cyberbullying, Dosen dan Mahasiswa Prodi TKJ PNUP Gelar Penyuluhan di SMK Muhammadiyah 3 Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar penyuluhan terkait perundungan di media sosial (medsos) bagi siswa.

Hal tersebut merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), digelar di SMK Muhammadiyah 3 Makassar.
Senin (28/08/2023).

Tim pelaksana PKM Pelatihan Penggunaan Aplikasi Marketplace ini, terdiri dari empat orang dosen dan tiga orang mahasiswa. Mereka dari Program Studi (prodi) Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang yang

Ketuai PKM Pelatihan Penggunaan Aplikasi Marketplace, Ir. Dahliah, MT mengatakan Kegiatan ini melibatkan siswa Kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 3 Makassar sebagai mitra kegiatan PKM.

Pelatihan ini kata dia, bertujuan untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh kalangan remaja khususnya siswa SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Khususnya asalah perundungan atau bully di medsos.

"Saat ini remaja lebih banyak berinteraksi dengan teman dan dunia luar melalui medsos. Kejadian perundungan atau bullying di medsos antara kalangan remaja, termasuk tinggi dan dapat memberi pengaruh buruk pada korban, pelaku, maupun yang menyaksikan kejadian tersebut," ucapnya.

Sehingga dalam pelatihan, Tim Pelaksana PKM memberikan penyuluhan tentang bagaimana membedakan antara bully dan bercanda. Juga efek bully pada korban maupun pelaku, serta hukuman yang bisa menjerat pelaku perundungan melalui kegiatan ceramah, dan diskusi.

"Pelatihan ini juga memberikan tips pada siswa bagaimana untuk menghindari bully dan apa yang harus dilakukan saat menjadi korban bully ataupun menyaksikan teman di bully. Selama kegiatan pelatihan, siswa sangat antusias dan aktif dalam diskusi," ucapnya.

  • Bagikan

Exit mobile version