Dosen UMI Pengabdian di Tanralili Maros, Didanai DRTPM Ristekdikti

  • Bagikan

" Olehnya itu kami dari perguruan tinggi terketuk hati membantu usaha yang di kelola oleh kelompok usaha Sipatuo ini," ucapnya.

Kegiatan ini didanai oleh DRTPM Ristekdikti tahun anggaran 2023. Tim ini terdiri dari 3 orang dosen (Dr. Ir. Beddu Tang, M.Si, Dr. Ir. Darmawati, MP dan Dr. Muhammad Nur, SE.Ak, M.Ak) dan dibantu 2 orang mahasiswa.

Penyuluhan yang dilakukan terhadap kelompok mitra menghadirkan Prof. Dr. Ir. Jayadi sebagai narasumber yang menjelaskan tentang metode budidaya ikan nila yang baik dengan memperhatikan 3 aspek yaitu bibit, pakan dan manajemen.

Ketiga aspek ini yang sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan usaha budidaya ikan nila.

"Bibit yang baik akan menghasilkan pertumbuhan ikan yang cepat dan merata, pakan juga sangat mempengaruhi keberhasilan usaha budidaya ikan serta manajemen pengelolaan usaha," ucap Prof. Dr. Ir. Jayadi

Pemateri Pembuatan Pakan Dr. Ir. Darmawati, MP yang memberi pemahaman kepada mitra bagaimana cara membuat formulasi pakan dan berkualitas sehingga ikan yang dipelihara lebih cepat pertumbuhannya dan tingkat kehidupannya lebih besar.

Sebab kata dia, pakan salah sarana produksi yang biayanya bisa mencapai 60% dari total biaya produksi. Formulasi pakan yang baik, akan menghasilkan pertumbuhan ikan yang baik karena kebutuhan nutrisinya tercukupi sehingga pertumbuhannya cepat.

Sedangkan pemateri tentang pengelolaan keuangan dilakukan oleh bapak Dr. Muhammad Nur, SE.AK, M.Ak, dengan mengupas dan membahas bagaimana cara pengelolaan keuangan usaha yang efektif dan efisien, dengan membuat catatan pengeluaran dan pendapatan.

  • Bagikan