Jalin Sinergitas, WD II FBS UNM Resmi Serahkan Mahasiswa Magang BIPA di UM Malang

  • Bagikan
Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi mengikuti program magang pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin, 4 September 2023.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi mengikuti program magang pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin, 4 September 2023.

Sebanyak delapan (8) Mahasiswa yang berasal dari program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia langsung didampingi oleh Wakil Dekan (WD) II, Bidang Akademik Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Dr. Sultan, M.Pd, bertandang di Gedung BIPA UM.

Dr. Sultan dan seluruh mahasiswa yang mengikuti program magang tersebut langsung bertemu dan disambut oleh Direktur BIPA UM, Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., dan koleganya Dr. Gatut Susanto, M.Pd.

Dalam agenda temu sambut mahasiswa UNM yang mengikuti program magang BIPA UM, dosen kelahiran Soppeng yang juga diketahui merupakan juri pekan ilmiah nasional (PIMNAS) itu menyampaikan sejumlah harapan kepada mahasiswa magang dan pihak BIPA UM.

"Semoga mahasiswa kami selama mengikuti program ini, dapat menyerap ilmu dan pengalaman terkait BIPA. Bisa mengamati atau bahkan mempraktikkan pengajaran agar kemudian bisa dibawa pulang untuk diaktualisasikan di kampus kami UNM," tutur Dr. Sultan.

Sementara itu, Prof Djoko Saryono meminta mahasiswa UNM yang mengikuti program magang BIPA di UM mengadaptasi diri terhadap kebudayaan di lingkungan sekitar agar dapat berinteraksi dengan pengajar maupun pelajar di BIPA UM.

"Jadi, kita harus lebih banyak mengetahui tentang budaya-budaya sekitar ketimbang pelajar-pelajar yang dari luar negeri. Karena mereka tidak hanya belajar bahasa, akan tetapi juga belajar budaya Indonesia," terangnya.

  • Bagikan