PKM Universitas Fajar Berdayakan Masyarakat Tukamasea Produksi Teh Celup Daun Katuk

  • Bagikan
PKM Universitas Fajar

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Melalui program hibah Ristek Dikti Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Fajar (Unifa) memberikan pelatihan pengolahan daun katuk menjadi teh celup kepada kelompok usaha warga Desa Tukamasea, Kabupaten Maros, Senin (19/9).

Dr. Ismail Marzuki selaku pemateri ahli yang dihadirkan, memberikan pelatihan teknik pengolahan daun katuk, mulai dari memilih daun, membersihkan, mengeringkan hingga siap dikonsumsi sebagai meinuman sehat dalam bentuk teh celup.

“Terdapat banyak kandungan zat bermanfaat bagi kesehatan didalam daun katuk jika dikonsumsi. Diantaranya dapat menjadi sumber anti oksidan alami dan memperlancar ASI bagi menyusui,” terang Ismail dihadapan para peserta.

Sementara itu, Syamsul Riyadi SM, MM., selaku ketua itm PKM Unifa menjelaskan bahwa melalui program PKM yang didanai hibah Ristek Dikti tersebut, masyarakat bisa mendapatkan nilai tambah dari daun katuk yang selama ini sering dikonsumsi secara langsung dengan berbagai macam olahan makanan, diolah dan dikemas menjadi teh celup herbal yang tentunya bisa bernilai ekonomi.

“Daun katuk merupakan tanaman yang mudah didapatkan di daerah ini dan memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi, sehingga kami mengembangkan ide untuk mengolahnya menjadi teh celup herbal yang bergizi tinggi dan memiliki potensi pasar yang cukup besar,” jelas Syamsul Riyadi.

Ditambahkannya bahwa selanjutnya masyarakat juga akan diberikan pengetahuan praktis dan panduan untuk mengembangkan usaha pengolahan daun katuk secara mandiri yang diharapkan bahwa keterampilan yang diperoleh peserta akan membantu mereka meningkatkan
perekonomian masyarakat di Desa Tukamasea.

  • Bagikan