Tim PKM Universitas Muhammadiyah Parepare Kembangkan Kopi Herbal Kayu Manis di Enrekang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, ENREKANG -- Dosen Universitas Muhammadiyah Parepare mengadakan pelatihan diversifikasi produk olahan kopi kayu manis di Desa Buntu Serong, Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang, pada Jumat 22 September 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan produk kopi milik PKBM Rizky Amalia. Di samping itu, juga untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan petani binaan Enggus (Ketua PKBM Rizky Amalia).

Menurut A. Hasdiansyah, ketua tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini merupakan implementasi salah satu tridharma perguruan tinggi.

"Kegiatan ini terlaksana berkat hibah dari Kemdikbudristek melalui skema Pengabdian Kemitraan Masyarakat tahun 2023," jelasnya.

Tim PKM melibatkan petani kopi sebagai partisipan yang dilatih langsung oleh Enggus Suparman dan Tim PKM. Kegiatan tersebut, terdiri atas pelatihan pengolahan kopi, penggunaan website, dan pemasaran.

Menurut, Enggus, potensi kopi dan kayu manis di sini besar karena didukung oleh sumber daya alam yang memadai dan belum adanya diversifikasi kopi dan kayu manis di Enrekang.

Diharapkan, produk kopi herbal ini dapat menjadi aktivitas ekonomi produktif bagi petani. Bahkan, berpotensi meningkatkan ekonomi petani. Terutama kelompok binaan PKBM Rizky Amalia.

Ke depan, kegiatan ini diharapkan dapat tetap berjalan dan berkembang agar memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan. (*)

  • Bagikan