Jenis dan Fungsi Panci yang Perlu Diketahui, Wajib Simak!  

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID - Panci adalah salah satu peralatan dapur yang sangat penting dalam kegiatan memasak. Banyak orang yang belum mengetahui tentang jenis-jenis panci. Padahal dengan mengetahui jenis dan fungsi panci, Anda akan lebih mudah menemukan panci yang tepat untuk memasak.

Jenis dan Fungsi Panci yang Perlu Diketahui

Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis panci masak yang berbeda akan memiliki fungsi yang juga berbeda. Dengan memahami jenis dan fungsi panci, Anda dapat dengan mudah memilih peralatan memasak yang fungsional sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah informasi tentang jenis panci dan fungsinya:

1. Panci Susu

Panci susu adalah salah satu jenis panci serbaguna dan harus ada di setiap dapur. Panci ini biasanya memiliki pegangan yang nyaman dan juga tutup. Fungsi utama panci susu adalah memanaskan atau mengukus saus, susu, atau sup. 

Ukuran dari panci susu bervariasi, akan tetapi yang paling umum adalah panci dengan ukuran 1 hingga 3 liter. Panci susu ini cocok untuk memasak saus tomat yang lezat, melelehkan cokelat untuk pencelup, atau membuat saus krim.

2. Panci Tekan

Jenis selanjutnya adalah panci tekan. Panci ini juga dikenal sebagai panci sauté. Alat masak ini memiliki permukaan datar dengan pinggiran melengkung dan pegangan panjang. Panci ini biasanya digunakan untuk menggoreng, menumis, atau memasak daging dan sayuran dengan cepat. 

Permukaan panci ini cukup luas sehingga memungkinkan makanan untuk terkena panas secara merata. Hal ini dapat menciptakan hasil yang lezat dan renyah. Anda bisa menggunakan panci tekan ini untuk memasak segala macam hidangan, mulai dari tumis sayuran hingga menggoreng ayam.

  • Bagikan