LPkM UMI Sasar Sanrobone Takalar Edukasi Masyarakat Terkait Self Care Holistik Diabetes Mellitus

  • Bagikan

Ini juga melatih kemampuan pasien DM dalam melakukan perawatan diri serta mempertahankan perilaku yang dibutuhkan untuk mengelola kondisi secara berkelanjutan.

Kegiatan ini di awali dengan senam bersama peserta dan kader. Dilanjutkan pemeriksaan kadar gula darah yang bantu oleh anggota tim pengabdian yaitu Ns Nur Wayuni Munir, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,Sp.,Kep.,MB bersama mahasiswa.

Sesi selanjutnya adalah pemberian edukasi tentang HOLISTIK oleh Ketua Pengabdi Wa Ode Sri Asnaniar, S.Kep.,Ns.,M.Kes dalam pengendalian Diabetes Mellitus yaitu mulai dari menjaga pola makan, olahraga dan memberikan lotian pada kulit kering.

Lalu ada pemeriksaan kadar gula darah, melakukan terapi spiritual seperti terapi dzikir untuk mengurangi kecemasan pasien, memakai alas kaki, dan mengkonsumsi obat secara teratur.

Setelah kegiatan edukasi, dilakukan juga latihan senam kaki pada kader dan pasien diabetes mellitus. Tujuannya untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah pada kaki, sehingga mencegah komplikasi kaki diabetik.

Selama sesi pemberian materi, peserta memperhatikan pemateri dan aktif dalam memberikan pertanyaan.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version