LPkM UMI Sasar Sanrobone Takalar Edukasi Masyarakat Terkait Self Care Holistik Diabetes Mellitus

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit kronis multisistem yang berhubungan dengan produksi insulin yang abnormal, gangguan penggunaan insulin, atau keduanya.

Penatalaksanaan DM, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita dan mengurangi risiko komplikasi akut.

Sebagai bentuk kontribusi dalam pengendalian DM, maka Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Holistik Self Care.

Kali ini bersama Dosen dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan (Wa Ode Sri Asnaniar, S.Kep.,Ns.,M.Kes dan Nur Wahyuni Munir, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,Sp.Kep.,MB) serta Program Studi Kesehatan Masyarakat (Dr. Fairus Prihatin Idris, SKM.,M.Kes)

Pengabdiannya dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Sanrobone, Kabupaten Takalar pada tanggal 29 September 2023.

Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan, Wa Ode Sri Asnaniar mengatakan tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melaksanakan satu poin tridharma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban dosen.

"Kami harapkan manfaat dari pengabdian ini adalah untuk meningkatan pemahaman dan keterampilan kader serta pasien Diabetes Melitus tentang Self Care serta Management Diabetes Mellitus," ucapnya.

Sehingga mampu melaksanakan hidup sehat, serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan
Holistic Self Care Diabetes Mellitus.

"Ini suatu proses berkelanjutan dalam bentuk pendidikan kesehatan mengenai pengelolaan DM secara mandiri untuk memfasilitasi pengetahuan, keterampilan," ucapnya

  • Bagikan

Exit mobile version