Pemkab Gowa Penuhi 10 Kriteria, Masuk 10 Besar Penilaian Program I-Sim for Regencies 2023

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania saat mewakili Bupati Gowa untuk melakukan presentasi Program SDGs Unggulan Daerah dengan membawa Inovasi Kampung Rewako, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

Bahkan, Program Unggulan Kampung Rewako di Desa Je’netallasa, Kecamatan Pallangga sangat mungkin direplikasi oleh desa-desa maupun kelompok masyarakat.

Prinsip yang memanfaatkan aset warga dan desa, serta pemanfaatan SDM menjadi added value yang penting. Ditambah lagi dengan memperhatikan environmental sustainability sebagai pondasi pengembangannya.

“Tentu dalam replikasi dapat disesuaikan dengan kondisi geografis, topografis dan demografis yang ada di desa dan kelurahan tersebut. Untuk di Kabupaten Gowa sendiri telah direplikasi sebanyak 83 desa dan kelurahan yang tersebar di 18 kecamatan,” tambahnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa ini berharap, dengan adanya program SDGs unggulan ini, terjadi peningkatan taraf hidup masyarakat Kabupaten Gowa khususnya yang berada di sekitar pengembangan Kampung Rewako di 83 desa dan kelurahan tersebut.

“Semoga Kabupaten Gowa mampu berkontribusi baik secara nasional dan internasional,” ujarnya.

Setelah penilaian akhir ini dirampungkan, penganugerahan bertajuk SDG Annual Conference 2023 dijadwalkan akan digelar pada November 2023 mendatang.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Sujjadan mengungkapkan, indikator penilaian ini telah sesuai dengan misi Kabupaten Gowa seperti yang tercantum pada RPJMD Periode 2021-2026.

“Di dalam misi kita kan yang pertama mendukung pencapaian pilar pembangunan sosial, yang kedua ekonomi, ketiga lingkungan, dan yang terakhir hukum dan tata kelola. Keempat misi ini semuanya sudah mencakup 17 tujuan dari SDGs. Jadi sudah sinkron,” terangnya.

  • Bagikan