Dosen UMI-Uncok Makassar Beri Pelatihan Budidaya Lobster Air Tawar di Gowa

  • Bagikan

“Kemudian Pelatihan Budidaya Maggot dibawakan oleh Randi S.Pi; M.Si (Laboran FPIK-UMI), Pelatihan pembuatan pakan buatan atau pellet oleh Dr.Kamaruddin, S.Pi; M.Si peneliti BRIN), serta Pelatihan manajemen usaha oleh Wahyuti, S.Pi; M.Si (Dosen UNCOK),” jelasnya.

Selain pelatihan yang untuk Bumdes BPS juga diberikan beberapa alat berupa Pabrik pakan buatan atau pellet dan pabrik penepung, peralatan budidaya maggot dan bibit maggot, instalasi Budidaya Aquaponik sayur.

Lalu ada instalasi sistem resirkulasi pemeliharan lobster air tawar, dan kolam terpal bulat untuk pembesaran lobster dan untuk budidaya cacing sutra.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrarampilan mitra pembuatan pakan buatan, budidaya lobster air tawar bertingkat dengan resirkulasi, budidaya aquponik sayur terpadu budidaya lobster dan budidaya produksi maggot untuk pemanfaatan limbah limbah rumah tangga,” imbuhnya.

“Terlaksananya kegiatan akan mengatasi permasalahan mitra seperti tersediannya pakan pellet untuk kelompok binaan BUMdes. Harapan agar Desa ini juga menjadi Pondok Riset Budidaya Lobster air tawar BUMdes BPS sebagai tempat PKL dan penelitian mahasiswa,” sambungnya.

Ketua Unit Usaha Budidaya Lobster air tawar BUMDES BPS Alauddin Dg Lewa, mengatakan pihaknya cukup senang atas kehadiran TIM PKM-UMI dan berkomitmen untuk menerapkan alih teknologi PKM ini.

Peserta pelatihan cukup antusias mengikuti kegiatan dan mengharapkan agar program lain seperti pelatihan aneka produk olahan dari lobster air tawar.

  • Bagikan

Exit mobile version