Dosen UMI-Uncok Makassar Beri Pelatihan Budidaya Lobster Air Tawar di Gowa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dosen Universitas muslim Indonesia (UMI) dan Universitas Cokroaminoto (Uncok) Makassar beri penyuluhan dan pelatihan pada pembudidaya lobster tawar di desa Pacllekang, Kecamatan Pattallassang, Gowa.

Kegiatan yang merupakan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung di Balai Pertemuan Desa Pacellekang, Kamis 14 September 2023.

Peserta diantarannya adalah para pembudidaya, pebisnis hingga mahasiswa.
Kegiatan pengabdian yang diorganisir oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPkM) UMI.

Ini merupakan salah satu dari 23 judul yang didanai oleh Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM).

Untuk judul pengabdian kali ini adalah ”PKM inovasi sistim bertingkat dan race way pada budidaya lobster air tawar yang terintegrasi dengan hydroponik sayur di Desa Pacellekang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa”.

Dosen pengbadi PKM, Prof.Dr.Ir.Jayadi, MP sebagai ketua dan anggota yaitu Dr.Ir.Harlina MP dan Wahyuti S.Pi; M.Si (UMI) dan dari Universitas Cokroaminoto (UNCOK), Makassar.

“PKM ini merupakan kegiatan pengabdian kolaborasi antara UMI dan UNCOK dalam bentuk pendampingan, penyuluhan dan pelatihan pada kelompok mitra Bumdes Bumi Pacellekang,” ungkap Prof Jayadi.

Lebih jauh, dijelaskan Prof Jayadi, ada lima poin pelatihan yang diberikan diantaranya, Pelatihan budidaya dan pembenihan lobster air tawar oleh Prof.Dr.Ir.Jayadi.MP (Doses Buidaya Perairan, FPIK-UMI).

Lalu, Pelatihan budidaya aquponik oleh Dr.Ir.Marliana S Palad, M.Si (Dosen Fakultas Pertanian UNCOK).

  • Bagikan

Exit mobile version