Departemen Ilmu Pemerintahan Unhas Bahas Kapitalisme dan Perubahan Agraria

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Departemen Ilmu Pemerintahan (DGS) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan kuliah umum dengan tema “Kapitalisme dan Perubahan Agraria: Kelas, Produksi, dan Reproduksi di Indonesia.” Acara ini diselenggarakan di Aula Prof. Syukur Abdullah FISIP Unhas, pada Senin (9/10/23).
Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas, Prof. Dr. Phil. Sukri M.Si mengungkapkan pentingnya topik dari kuliah umum tersebut.

“Kuliah umum ini mendiskusikan analisis kelas secara akademis, dan bisa mendorong kita semua pada kesadaran untuk mendiskusikan hal yang tabu secara akademis, yang mungkin kita tidak mendapat kesimpulan di kuliah umum ini, tetapi setidaknya menjadikan kita untuk tidak berhenti bertukar gagasan-gagasan terkini,” ungkap Dr. Phil. Sukri, M.Si.

Setelah pembukaan oleh Dekan FISIP Unhas kegiatan dilanjutkan dengan peyerahan plakat kepada narasumber serta melakukan foto bersama yang dihadiri langsung Ketua Departemen Ilmu Pemerintahan FISIP Unhas, Dr. H. A. M. Rusli, M.Si. Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai mahasiswa dari berbagai departemen, khususnya di lingkup FISIP Unhas. Narasumber pada acara ini adalah Muchtar Habibi, M.Sc, PhD dari Departemen Manajemen Kebijakan Publik FISIPOL Universitas Gajah Mada (UGM) dan Muhammad Chaeroel Ansar S.IP, M.Sc dari Departemen Ilmu Pemerintahan FISIP Unhas serta dimoderatori oleh Ashar Prawitno.

Beberapa mahasiswa sebagai peserta kuliah umum memberi komentar dan mengajukan pertanyaan.

“bagaimana peran pemerintah dalam kondisi diferensiasi kelas tersebut dan bagaimana relevansi kelas bagi pemuda hari ini yang notabenenya cenderung tidak tertarik pada sektor pertanian” ujar mahasiswa Ilmu Pemerintahan.

  • Bagikan