Pejabat Wali Kota Palopo Asrul Pimpinan Apel Siaga Percepatan Penurunan Stunting

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALOPO - Pejabat Wali Kota Palopo Bapak Asrul Sani, SH., M.Si Memimpin Apel Siaga Bapak dan Bunda Asuh Stunting Dalam Upaya Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting Lingkup Pemerintah Kota Palopo Tahun 2023 Yang diselenggarakan Di Tribun Lapangan Pancasila. Jumat (13/10/2023) .

Dalam Apel tersebut Pejabat Wali Kota Palopo mengingatkan kembali bahwa Pemerintah memiliki target nasional angka stunting sebesar 14% di Tahun 2024 yang diatur dalam PERPRES Nomor 72 Tahun 2021.
Namun sampai hari ini Survei Nasional SSGI Yahun 2022 prevalensi stunting di Kota Palopo mencapai 23, 8% masih jauh diatas standar yang dinginkan oleh nasional bahkan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan mencanangkan di Sulawesi Selatan zero stunting.

Gubernur juga sudah melaunching aplikasi INZTING (Ikhtiar Menzerokan Stunting) berharap di Kota Palopo kita manfaatkan aplikasi itu sebagai sarana untuk melakukan monitoring atau evaluasi penderita stunting maupun pencegahan.

Penurunan prevalensi stunting di Kota Palopo ada penurunan sebesar 4,7% dari Tahun 2021 sebanyak 28,5% dari hasil E-PPGBM Tahun 2023 prevalensi stunting 2% angkanya 228 kasus.

Kemudian stunting sendiri adanya gangguan kesehatan pada anak karena masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak menyebabkan tinggi badan anak terhambat lebih rendah dibandingkan anak seusianya.

"Melalui apel siaga stunting ini Berharap kepada semua Bapak dan Bunda Asuh untuk berkomitmen mendampingi secara berkelanjutan dan memastikan anak asuh bisa mendapatkan perhatian penuh baik dari interpensi spesifik maupun interpensi sensitif".

  • Bagikan