Dira Takjub, JKN Dapat Menjamin Seluruh Operasi Sinusitis Saudaranya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dira (25) merupakan salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja (PBPU BP) kelas III. Dira telah merasakan manfaat Program JKN yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Pasalnya Program JKN ini telah banyak membantu keluarganya dalam membiayai pelayanan kesehatan terutama saat kakaknya harus menjalani operasi sinusitis.

“Awalnya kakak saya hanya merasa seperti pilek biasa saja, akan tetapi pileknya tidak kunjung membaik dan lama kelamaan pileknya itu terasa nyeri yang teramat di kepala hingga menjalar ke telinga dan mulut. Kakak saya akhirnya pergi ke puskesmas Tamalate untuk memeriksakan sakit yang dialaminya. Ternyata sakit yang dideritanya itu merupakan gejala sinusitis yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit sinusitis akut. Akhirnya kakak saya dianjurkan oleh dokter untuk melakukan operasi sinusitis,” cerita Dira kepada tim Jamkesnews, Senin (21/08).

Saat itu kakak Dira khawatir dengan kondisinya karena diharuskan untuk melakukan operasi. Selain kekhawatiran akan sakit yang dideritanya, kakaknya juga khawatir akan biaya yang harus dikeluarkan untuk tindakan operasi tersebut. Pihak puskesmas menyarankan untuk dirujuk ke RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo agar kakak Dira dapat diperiksa lebih lanjut yang kemudian dapat dilakukan tindakan operasi.

“Kami sekeluarga ada perasaan khawatir dan cemas dengan keadaan kakak saya, takutnya tidak bisa membiayai dengan segera operasi sinusitisnya. Akan tetapi dengan adanya JKN dimana kakaknya telah terdaftar menjadi peserta biaya operasinya dapat sepenuhnya dijamin,” ungkapnya.

  • Bagikan