Mila: Dengan JKN, Biaya Bersalin Bukan Suatu Kekhawatiran Lagi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, khususnya bagi mereka yang membutuhkan dan kurang mampu. BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memastikan setiap orang yang terdaftarsebagaipeserta JKN dapat merasakan pelayanan kesehatan yang berkualitas, namun tidak perlu lagi mengeluarkan uang sepeser pun.

“Program JKN inisudahmemberibanyaksekalimanfaatkepadamasyarakat, termasuksaya dan keluarga yang sudah merasakannya sendiri. Sudah dari lama saya dan keluarga terdaftar sebagai peserta JKN dan biasa pula kami menggunakan layanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat kami didaftarkan,” cerita Mila kepada tim Jamkesnews, Selasa (26/09).

Mila Karmila (30) merupakanseorangibusatuanak yang bertempattinggal di Jalan Tugu, Kota Makassar. Saat ini Mila dan keluarga terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Mila dan keluarga sudah beberapa kali menggunakan pelayanan kesehatan dari Program JKN, walaupun hanya sekadar memeriksakan kesehatan di FKTP. Mila dan keluarganya sangat peduli akan pentingnya kesehatan.

“Kalau berobat ke FKTP saya dan keluarga sudah beberapa kali. Kalau anak lagi sakit demam, flu batuk begitu saya pasti langsung bawa ke Puskesmas. Atau saya sendiri kalau lagi kurang enak badan atau kepala sering pusing pasti langsung berobat ke Puskesmas,” ucapnya.

Mila bercerita pertama kali menggunakan pelayanan kesehatan rujukan kerumahsakit saat dirinya mengandung dan melahirkan anak pertamanya. Saat itu Mila sering bolak-balik ke FKTP dan rumah sakit rujukan untuk memeriksakan kandungannya.

  • Bagikan