Nirwana: Berkat Jaminan JKN, Sakitnya Dapat Teratasi Tanpa Mengeluarkan Biaya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Banyak orang yang rela mengorbankan apapun untuk memperoleh kesembuhan dan kesehatannya kembali. Beruntungnya pemerintah Indonesia telah mengadakan Program Jaminan Kesehatan (JKN) melalui penelolaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Telah banyak manfaat yang diberikan Program JKN ini, seperti halnya telah dirasakan oleh Nirwana (21) beserta keluarganya.

“Saya sudah lama menjadi peserta Program JKN dan sudah beberapa kali mendapatkan manfaat dari jaminan kesehatan yang diberikan. Pernah beberapa bulan yang lalu telinga saya sering berair dan mengeluarkan cairan secara terus-menerus. Akhirnya saya periksakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas Maccini Sombala tempat saya didaftarkan. Kemudian dari sana saya dirujuk untuk bisa diperiksa lebih lanjut di RSUD Labuang Baji,” cerita Nirwana kepada tim Jamkesnews, Jumat (25/08).

Nirwana merupakan seorang mahasiswi pada salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Makassar. Ia dan keluarganya telah terdaftar sebagai peserta Program JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (PBI APBN) kelas III. Nirwana dan keluarga sering menggunakan jaminan kesehatan yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan ini, terutama ibu dan bapaknya yang telah lanjut usia. Nirwana sering ikut mengantar kedua orang tuanya untuk sekedar cek kesehatan.

“Saat kemarin telinga saya ada sakit, saya dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pelayanan yang diberikan sangat memuaskan, baik saat di FKTP maupun saat ke rumah sakit. Pengobatan telinga saya saat itu alhamdulillah dijamin sepenuhnya jadi tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun,” jelasnya.

  • Bagikan