Penyakit Tiroid Asia Dapat Teratasi Berkat JKN

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Menurut Sayrifah Asia (26) yang akrab dipanggil dengan sebutan Asia ini selama hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), ia telah membuktikan bahwa program tersebut memberikan dampak besar khusunya bagi dirinya sendiri. Program JKN ini dinilai telah banyak memberikan manfaat dengan jaminan pelayanan kesehatan tanpa perlu khawatir akan biaya yang harus dikeluarkan saat sakit.

“BPJS Kesehatan ini luar biasa sekali dengan Program JKN. Sudah banyak masyarakat yang tertolong dengan bantuan yang mereka berikan, khususnya bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan masyarakat yang kurang mampu. Mereka memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan secara lengkap serta berkualitas tanpa adanya biaya yang harus dikeluarkan saat berobat. Saya berani berkata seperti ini karena saya sendiri sudah merasakan manfaat dari Program JKN,” ungkap Asia kepada tim Jamkesnews, Jumat (25/08).

Asia merupakan seorang warga asal Makassar yang beralamat di jalan Todopuli Raya, ia peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah dan Buka Pekerja (PBPU BP) kelas I. Asia bercerita bahwa dia dan keluarganya sudah lama menjadi peserta Program JKN dan bahkan sudah sering menggunakan layanan kesehatan yang dihadirkan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas Kassi-Kassi tempat ia didaftarkan. Namun baru kali itu ia dirujuk ke RSUD Labuang Baji untuk pemeriksaan lebih lanjut terhadap penyakit tiroidnya.

“Bermula dengan munculnya benjolan kecil di area leher saya. Namun saat itu saya biarkan saja karena tidak menimbulkan rasa nyeri ataupun hal lain yang mengganggu. Tetapi lama-kelamaan benjolannya itu membesar dan mulai memberikan sedikit rasa nyeri. Setelah menyadari hal tersebut, segera saya memeriksakan diri ke FKTP lalu disana saya diperiksa dan diberi tahu bahwa saya mengalami gejala penyakit tiroid. Saya diberi obat ringan terlebih dahulu dan apabila tidak juga sembuh, saya akan dirujuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut,” cerita Asia.

  • Bagikan