“Saya juga sering ke puskesmas untuk sekedar cek kesehatan seperti periksa tekanan darah kalau terasa sering pusing atau kepala berat. Walaupun saya sering datang hanya untuk periksa ringan seperti itu, saya tetap disambut dan dilayani dengan baik oleh staf dan dokter di puskesmas,” ungkap Wina.
Wina bercerita meski memakai JKN untuk berobat, mereka tidak membeda-bedakannya dengan pasien umum. Semua staf dan juga dokter yang memeriksa memperlakukan pasien dengan perlakuan yang sama.
“Sejak saat itu saya percaya kalau ternyata dengan terdaftar menjadi peserta Program JKN memperoleh pelayanan berkualitas bukan imingan semata, tetapi memang benar adanya biaya pengobatan kita itu pasti ditanggung sepenuhnya. Saya juga senang kalau pergi berobat atau sekedar periksa kesehatan dipuskesmas karena keramahan pelayanannya. Mereka juga menjelaskan dengan bahasa yang mudah untuk saya mengerti,” ungkap Wina.
Setiap bulan Wina selalu rutin dalam membayar iuran. Ia tidak pernah terlambat dan selalu tepat waktu. Hal itu ia lakukan agar kepesertaannya di Program JKN selalu dalam status aktif. Mengingat ia dan keluarga sering menggunakan JKN untuk berobat ataupun sekedar periksa kesehatan di puskesmas.
“Saya sangat bersyukur dengan adanya jaminan kesehatan dari Program JKN ini. Saya tidak perlu khawatir lagi dengan masalah kesehatan. Bahkan sekarang saya merasa lebih bugar karena sering kontrol kesehatan gratis di puskesmas. Mumpung setiap periksa itu gratis jadi kita bisa memanfaatkan apa yang menjadi hak kita,” tutur Wina.