Pertamina Gelar Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Level 1 di Fuel Terminal Palopo

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Sebagai upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan kerja sekaligus kewaspadaan menghadapi resiko, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi mengadakan simulasi Organisasi Keadaan Darurat (OKD) Level 1 dengan skenario terbakarnya Tangki Timbun BBM di Fuel Terminal (FT) Palopo pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Menurut Fuel Terminal Manager BBM Palopo, Chikara Priyandhini Kaurow mengungkapkan, kegiatan simulasi OKD tersebut untuk meningkatkan aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE) di Pertamina dan juga melibatkan stakeholder terkait. “Pertamina Patra Niaga khususnya di Regional Sulawesi selalu memastikan kehandalan sarana dan fasilitasnya serta berkomitmen menyalurkan energi kepada masyarakat dalam pendistribusian BBM. Dengan seringnya simulasi yang kami lakukan, kami berharap masyarakat tidak perlu khawatir dengan keberadaan Fuel Terminal Palopo, kami peduli dengan kondisi sekitar dan kami akan secara kontinyu melakukan antisipasi pengamanan keadaan darurat” kata Chikara, usai menggelar simulasi.

Dalam melaksanakan simulasi OKD tersebut, berbagai skenario dijalankan dengan melihat situasi-situasi nyata yang mungkin terjadi. Skenario yang dijalankan kali ini yaitu terbakarnya fasilitas Tangki Timbun BBM di FT Palopo. Dalam simulasi Kejadian kebakaran tersebut yang terjadi pada pagi hari pukul 08.50 wita, kemudian dengan mengikuti prosedur Health Safety Security & Environment (HSSE) maka api berhasil dipadamkan pada pukul 10.30 wita dan keadaan menjadi aman dan terkendali kembali.

  • Bagikan