Pj Bupati Buka Bimtek Penyusunan Data Desa Dalam Sistem Informasi Profil Desa Kabupaten Takalar Tahun 2023

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR - Pj. Bupati Kabupaten Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev, Plg didampingi Kepala Bidang Pembinaan Pemerintahan Desa Dinas Sosial dan PMD Kab. Takalar dr. Nilal Fauziah membuka secara resmi Bimbingan Teknis Penyusunan Data Desa Dalam Sistem Informasi Profil Desa Kab. Takalar Tahun 2023, bertempat Di Hotel M-Regency Jl. Dg. Tompo Makassar, Rabu (01/11/2023).

Bimtek yang dilakasanakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Takalar diikuti peserta dari unsur aparat Pemerintah Desa dengan tujuan untuk Meningkatkan pemahaman Aparat Pemerintah Desa dalam rangka Penyusunan Data Profil Desa sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan  yang berlaku serta memberikan uraian teknis penyusunan data profil desa berbasis Online;

Pj. Bupati Takalar dalam sambutan menyampaikan, profil desa sesuai dengan Permendagri No. 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan profil desa merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya manusia, kelembagaan serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

"Data yang valid dan akuntabel merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan baik ditingkat pusat, tingkat daerah terlebih lagi tingkat desa. Profil desa digunakan sebagai pedoman dalam proses perencanaan pembangunan desa dalam bentuk pembangunan fisik dan program peningkatan kapasitas penduduk desa"Tegasnya.

Ia pula menambahkan ketersediaan data yang diwujudkan dalam profil desa akan mempermudah dalam proses perencanaan pembangunan desa dan harapannya program-program pembangunan yang dibuat menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

  • Bagikan