Petahana Tamsil Linrung Bidik Senayan untuk Periode Kelima

  • Bagikan
Tamsil Linrung bersama Anies Baswedan

Pada awal reformasi, ia bergabung jadi kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan terpilih menjadi anggota DPR RI pada tiga pemilu yakni Pemilu 2004, 2009, dan 2014. Lalu pada Pemilu 2019 lalu ia maju sebagai calon DPD RI dan terpilih dengan meraih 455.137 suara.

Adapun basis pendukung terbesarnya ada di Kota Makassar, Pangkep, Maros, Barru dan Parepare. Bila Tamsil yang dari anggota DPR RI memilih bertarung di DPD, sebaliknya tiga nama yang sebelumnya adalah anggota DPD ataupun pernah menjabat senator Sulsel justru memilih bertarung sebagai Anggota DPR RI.

Yakni Ajiep Padindang dari Partai Golkar, AM Iqbal Parewangi (PKS) dan Bahar Ngitung (PKB) yang sama-sama maju di Dapil Sulsel 1. Sebelumnya, Iqbal menyampaikan fokus bertarung sebagai calon legislatif lantaran permintaan konstituen dan desakan timnya. Begitupun disampaikan Bahar Ngitung alias Obama.

Pada Pemilu lalu, Iqbal Parewangi maju sebagai calon senator namun tidak terpilih. Sementara Obama maju sebagai calon anggota DPR RI dari Dapil Sulsel 1 Partai Demokrat, namun kalah suaara dengan petahana Aliyah Mustika.

"Kali ini saya mantap memilih maju lewat PKB. Bukan karena partai, tetapi usungan capres Anis Baswedan," kata Obama. Dia meyampaikan sewaktu Partai Demokrat masih mendukung Anis, dirinya bertahan. Namun setelah keluar dari koalisi perubahan, pihaknya mantap bergabung ke PKB yang mengung Anis-Muhaimin (AMIN). (nas)

  • Bagikan