Departement Kesehatan Anak FK Unhas Periksa Kesehatan Gratis di CFD

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK UNHAS turut berpartisipasi Menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional.

Hal ini setiap tahun jatuh tanggal 12 November, tahun ini genap berusia ke-59. Bertajuk “Pemeriksaan Kesehatan Anak Gratis” yang berlokasi di Car freeday Makassar.

Car freeday ini sendiri bertujuan agar masyarakat bisa menikmati kawasan bebas polusi udara dalam melakukan aktivitas olah raga di pagi hari.

Pengabdian masyarakat ini dipimpin langsung oleh Ketua Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas, Dr. dr. Aidah Juliaty A. Baso, Sp.A(K), Sp.GK, serta dikordinir oleh Ketua bidang pengabdian masyakat Dr. dr. Martira Maddeppungeng, Sp.A(K).

Acara ini juga dihadiri oleh Dekan FK UNHAS, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid , Sp.PD, KGH, Sp.GK, Prof. Dr. dr. Nasrum massi, Sp.MK, para supervisor, serta peserta program pendidikan dokter spesialis anak FK UNHAS.

Ketua bidang pengabdian masyakat Dr. dr. Martira Maddeppungeng, Sp.A(K) mengatakan
Stunting sendiri masih menjadi sebuah isu nasional, sehingga pemeriksaan kesehatan anak ini diharapkan menjadi salah satu upaya pencegahan.

Hal ini sebagai penurunan angka stunting di Sulawesi Selatan yang tahun ini mencapai 27,4%. Pada tahun 2024 jumlah kasus ditargetkan menurun menjadi 14%.

“Dengan adanya kegiatan ini orang tua dapat lebih mawas terhadap tumbuh kembang anaknya,” ucapnya.

Momen ini mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat dengan pelayanan yang diberikan. yaitu meliputi pemeriksaan berat badan dan panjang badan, menentukan status gizi anak dengan mengukur antropometri berat badan panjang badan dan pemeriksaan skrining perkembangan anak dan konsultasi.

  • Bagikan