Edukasi Parenting, TK Zivana Gelar Workshop Mengenai Penanganan Anak Terlambat Bicara

  • Bagikan

Pemateri sekaligus Praktisi Auditory Verbal Therapy, Ayuwati Ariyani mengatakan kemampuan pendengar dan bicaranya mengalami gangguan atau hambatan. Hal ini disebabkan adanya kelainan atau kerusakan pada organ pendengarannya.

Namun dengan adanya penggunaan alat bantu dengan (ABD) yang mutakhir dan terapi yang tepat, dapat membantu anak mengembangkan bahasa verbalnya melalui kegiatan mendengar.

“Salah satu pilihan terapi yang bisa digunakan untuk mengembangkan Bahasa verbal anak yang susah bicara adalah terapi AVT. Peranan orang tua dalam keberhasilan terapi Auditory Verbal Therapy (AVT), untuk mengembangkan bahasa anak sangat besar karena tidak mungkin hanyak mengandalkan sesi terapi di tempat terapi,” tuturnya.

Meskipun begitu, masih banyak ditemui permasalahan di lapangan, yakni orang tua dari anak yang merasa kesulitan ketika mencari referensi lengkap tentang prosedur pelaksanaan AVT. Sehingga disini juga dibutuhkan bantuan dari yang berpengalaman.

Kabid PAUD dan Dikmas, Masdir mengatakan jangan pernah mengkarbit atau memaksa anak-anak untuk matang dan tumbuh. Sebab semuanya butuh proses.

Anak-anak lambat bicara kata Masdir, karena memang takdir dan juga dipemgaruhi kadang oleh proses lahirannya yang kata dokter ada kendala. Tetapi ini bisa di rubah dengan metode yg diajarkan sesuai perkembangan usia.

“Salah satunya melalui pendiikan yang memiliki materi atau sekolah yang ada metode bertahap. Arahkan bermain sambil belajar montezori,” tuturnya.

Workshop tersebut turut didukung oleh Pemkot Makassar,Tim Penggerak PKK Kota Mks dan Spirit Nabawiah Community.

  • Bagikan

Exit mobile version