Asisten Perekonomian Saksikan Pelantikan 107 Perwira Pelayaran Niaga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo Ilham Hamid, SE. M.Si mewakili Penjabat Wali Kota Palopo menghadiri Pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Lulusan Diklat Pelaut Tingkat IV Pembentukan Ahli Nautika tingkat IV (ANT-IV) dan Ahli Teknika Tingkat IV (ATT-IV) di SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, Kamis, 30 November 2023.

Sebanyak 107 perwira pelayaran niaga dilantik yang ditandai dengan penanggalan evolet dan pemasangan pangkat serta samir perwira dilanjutkan dengan pembacaan ikrar perwira.

Laporan pendidikan oleh kepala sekolah SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo Muh Yusri menyampaikan sejak berdirinya SMK pelayaran ini telah menamatkan alumni yang telah bekerja baik di dalam maupun luar negeri.

Sebelum mencapai proses ini para taruna terlebih dahulu telah melalui proses pendidikan dimana proses yang mereka lalui yaitu pendidikan dan pelatihan serta mengikuti ujian keahlian pelaut.

Selanjutnya para peserta mengikuti ujian paket setelah melaksanakan praktek laut selama kurang lebih 12 bulan adapun masa pendidikan yang harus dilalui kurang lebih 4,5 tahun sampai dengan 5 tahun.

Direktorat perkapalan dan kepelautan yang diwakili oleh Pengelola tata usaha DPKP Donald O Karundeng, S.Sos., M.Si selaku inspektur upacara menyampaikan selamat dan sukses kepada wisudawan perlu di ingat bahwa sebutan perwira pelayaran niaga diperoleh melalui perjuangan dan membutuhkan pengorbanan.

Jadilah panutan di tengah masyarakat dan bermanfaat di manapun berada ini bukanlah akhir perjuangan karena akan bertemu dengan dunia kerja nyata maka apa yang diperoleh selama pendidikan aplikasikan kedisiplinan.

  • Bagikan