FAJAR.CO.ID, BONTANG — PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terus berupaya melakukan penguatan pemasaran produk di sektor komersil, dengan melakukan evaluasi kinerja secara berkala sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan yang selama ini telah mendukung pencapaian penjualan secara optimal.
Hal ini melihat pemasaran komersil Pupuk Kaltim satu tahun terakhir kembali mencatatkan prestasi, dengan kontribusi terbesar dari seluruh perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.
SVP Transformasi Bisnis Pupuk Kaltim Wisnu Ramadhani menyampaikan dalam satu tahun terakhir kinerja penjualan Pupuk Kaltim mencapai 2.042.837 MT untuk Urea, disusul Amoniak sebesar 802.737 MT dan NPK sebanyak 2.496 MT. Hal tersebut didukung berbagai pengembangan inovasi seperti peningkatan Loading Rate, perbaikan serta peningkatan kapasitas dermaga yang beroperasi selama 24 jam, hingga pemilihan agen sesuai kebutuhan buyer dan penyediaan fasilitas Cherry Picker.
“Begitu juga dari sisi pelayanan semakin dioptimalkan agar loyalitas pelanggan turut meningkat, sehingga kinerja penjualan yang didukung oleh pelanggan setia Pupuk Kaltim bisa terus dipacu,” tutur Wisnu, saat Customer Talk, dalam rangkaian Customer Gathering Pupuk Kaltim 2024 belum lama ini.
Wisnu menjelaskan pelanggan merupakan salah satu faktor penting terhadap penjualan Pupuk Kaltim, sehingga pelayanan yang diberikan pun terus dimaksimalkan untuk memberi kemudahan dalam mendorong kinerja sektor komersil di tiap daerah.
Salah satunya terkait skema penjualan, dengan memberikan dukungan optimal kepada seluruh pelanggan mulai dari penerapan tata niaga yang baik, proses jual beli yang mudah, hingga layanan purna jual secara berkelanjutan.