Pemilih Pemula di Indonesia Setara dengan 33,6 Persen Total DPT

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makssar -- Pimpinan cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Makassar menggelar seminar pendidikan politik dengan tujuan memberikan pemahaman kepada pelajar tentang cara cerdas memilih pemimpin menghadapi pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Seminar ini dilaksanakan di kompleks perguruan Muhammadiyah cabang Makassar, Minggu (11/2/2024).

Muhammad Fadhil Syaiful selaku Ketua Umum PC IPM Makassar mengungkapkan bahwa hampir 25% pemilih pemula akan berpartisipasi dalam pemilihan umum ini. Oleh karena itu, PC IPM Makassar bekerja sama dengan PC Muhammadiyah Makassar untuk memberikan pengetahuan politik kepada pemilih pemula, guna menciptakan pemilih yang cerdas dan berkualitas.

“Hak suara pemilih pemula sangat menentukan pada pemilu 14 Februari 2024 nanti. Pendidikan politik ini perlu terus disosialisasikan agar mereka memahami teknis cara memilih dan menjadi pemilih yang cerdas, kritis, dan berkualitas,” katanya.

PC IPM Makassar mendesain kegiatan ini agar berlangsung secara interaktif dan mencapai esensi pentingnya pendidikan Politil untuk pemilih pemula. Kegiatan ini juga merespons pernyataan PCM Makassar yang terus menggaungkan pentingnya pendidikan politik untuk pemilih pemula bagi pelajar, agar mereka dapat bersinergi dan berperan aktif dalam pemilu 2024.

Fadil menyampaikan bahwa pemilih pemula memegang peran strategis pada pemilu 2024, karena mereka adalah pemilih masa depan yang akan berpengaruh untuk beberapa puluh tahun ke depan. Data dari KPU menunjukkan bahwa jumlah pemilih pemula Indonesia pada pemilu 2024 mencapai 66.822.389 orang, setara dengan 33,6 persen dari total jumlah pemilih tetap.

  • Bagikan