Wanapala Chetengan Penghijauan Bersama di Gunung Bawakaraeng

  • Bagikan
Sejumlah Komunitas Pecinta Alam memanfaatkan musim penghujan melaksanakan kegiatan penghijauan di kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Wanapala Chetengan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sejumlah Komunitas Pecinta Alam memanfaatkan musim penghujan melaksanakan kegiatan penghijauan di kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Wanapala Chetengan dan bertajuk "Penghijauan Bersama" yang menjadi agenda tahunan yang diadakan selama tiga hari, yakni 23-25 Februari 2024.

Ketua Panitia, Abubakar, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari Wanapala Chetengan, yang berhasil menanamkan semangat keberlanjutan lingkungan dan kepedulian terhadap alam.

Kegiatan ini tidak hanya sekadar penanaman pohon, tetapi juga sebuah wujud nyata dari komitmen untuk melestarikan alam dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan.

Sebanyak 1300 bibit pohon, termasuk pohon bayam jawa, suren, dan asam jawa, ditanam di area pos bayangan hingga pos 1 Gunung Bawakaraeng. Panitia menekankan pentingnya diversifikasi jenis pohon untuk mendukung ekosistem berkelanjutan.

Abubakar menambahkan, Wanapala Chetengan senantiasa berkomitmen untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk mencapai hasil yang maksimal dalam upaya pelestarian alam.

"Apalagi sejumlah pegunungan saat ini sudah mulai terlihat tandus, dan ini juga akan membawa dampak yang buruk bagi masyarakat jika kondisi pegunungan seperti ini terus dibiarkan,” ujar Abubakar, Ketua Panitia sekaligus Ketua Wanapala Chetengan, Senin (26/2/2024). (*)

  • Bagikan