Fakta-fakta Angka Kemiskinan Sulawesi Selatan

  • Bagikan

Ketiga, grafik normal tingkat kemiskinan mengalami fluktuasi setiap tahun dalam persentase yang kecil, kadang turun lalu naik, lalu turun kembali. Tetapi secara kumulatif lima tahunan, tingkat kemiskinan secara umum terus mengalami penurunan. Ini bisa terlihat dari grafik dan angka-angka yang disajikan oleh BPS.

Keempat, BPS selalu menggunakan data cut off bulan maret sebagai rujukan angka-angka tahunan karena menganggap berbagai program intervensi pemerintah dalam satu tahun anggaran telah selesai di Desember sehingga dampaknya dapat diukur. Sementara data bulan september belum mampu menggambarkan dampak dari intervensi program pemerintah karena masih/sedang berjalan.

Kelima, Data angka kemiskinan BPS (Data 2017-2023) menunjukkan bahwa angka kemiskinan Sulawesi Selatan secara konsisten selalu lebih rendah dari angka kemiskinan rata-rata nasional. Artinya, dibandingkan rata-rata provinsi lain, kemiskinan di Sulsel relatif lebih rendah.

Berdasarkan fakta-fakta ini kita bisa menyimpulkan bahwa kerja keras pengentasan kemiskinan oleh pemerintah melalui upaya mendorong pertumbuhan ekonomi sudah membuahkan hasil. Hanya saja perlu terus menerus didorong dengan menghadirkan program-program berkelanjutan dan tepat sasaran agar angka kemiskinan semakin berkurang.

Dari sini juga kita bisa menilai bahwa politik data masih menjadi langganan sebagian politisi untuk memasarkan dirinya atau menjatuhkan lawan politiknya. Hanya saja, metode seperti ini sangat berbahaya karena dapat menjurus kepada pembodohan masyarakat dan bukannya mengedukasi masyarakat.

  • Bagikan

Exit mobile version