Raih Gelar Doktor Cumlaude dari UNM, Fitriani Eksplor Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap pendekatan TASRL dalam Mengajar, Menulis di Perguruan Tinggi di Indonesia

  • Bagikan

Studi Etnografi Gabungan

Penelitian sebagai karya ilmiah yang dilakukan Fitriani adalah Pendekatan Pembelajaran Regulasi Diri Berbantuan Teknologi Dalam Pengajaran Menulis Di Sebuah Perguruan Tinggi Indonesia: Suatu Studi Etnografi Gabungan. English Education Study Department. Postgraduate Program. State University of Makassar (supervised by Murni Mahmud and Muhammad Basri).

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor bagaimana persepsi dosen dan mahasiswa terhadap pendekatan Technology Assisted Self Rergulated Learning (TASRL) dalam mengajar menulis di perguruan tinggi di Indonesia, bagaimana dosen menerapkan pendekatan TASRL dalam mengajar menulis bahasa Inggris sebagai bahasa asing di perguruan tinggi di Indonesia, bagaimana mahasiswa terlibat dengan pendekatan TASRL dalam menulis bahasa Inggris sebagai bahasa asing di perguruan tinggi di Indonesia, dan bagaimana pendekatan TASRL mempengaruhi kemampuan menulis mahasiswa bahasa Inggris sebagai bahasa asing di perguruan tinggi di Indonesia.

Untuk mencapai tujuan ini, Fitriani melakukan studi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (STKIP YPUP) Makassar dengan menerapkan studi etnografi terpadu untuk mengumpulkan data secara offline dan online.

Data dikumpulkan dari 2 dosen dan 9 mahasiswa yang direkrut menggunakan teknik convenient sampling. Data kualitatif yang diperoleh kemudian dianalisis secara tematis dan ditemukan bahwa (1) Dosen memandang bahwa pembelajaran berbasis regulasi diri yang dibantu oleh teknologi sangat membantu dalam mengajar keterampilan menulis bahasa Inggris sebagai bahasa asing EFL(Engish as a Foreign Language).

  • Bagikan

Exit mobile version