Berjuang Melawan Kanker Payudara, JKN Menegarkan Fauziah Berobat Tanpa Biaya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Fauziah (63), seorang wanita tangguh asal Tual Ambon, merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang terdaftar sebagai peserta Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) kelas I, ia telah menjalani perjalanan penuh perjuangan dalam memerangi penyakit kanker payudara yang menyerangnya. Namun, berkat dukungan dari JKN,Fauziah menemukan harapan dan kekuatan untuk melawan penyakit mematikan ini.

"Saya sangat bersyukur karena memiliki BPJS Kesehatan. Tanpa itu, saya tidak akan bisa mendapatkan perawatan yang saya butuhkan," kata Fauziah dengan tulus saat di wawancarai tim jamkesnews, Selasa (23/04).

Sebelumnya Fauziah sudah menjalani operasi pengangkatan kanker payudaranya di RS Primaya dan sekarang ia masih menjalani rawat jalan di rumah sakit tersebut.Setelah 3 bulan melakukan kontrol  di RS Primaya, Fauziah akhirnya di bolehkan untuk pulang ke kampung halamannya di Tual, Ambon. Akan tetapi fauziah harus tetap menjalani kemotherapi selama 3 bulan sekali.

“JKN memberikan akses ke berbagai layanan kesehatan, termasuk pemeriksaan kesehatan rutin, pengobatan, dan terapi yang diperlukan untuk memerangi kanker payudara yang saya derita. Awalnya saya berobat di Ambon tapi karena fasilitasnya kurang lengkap jadi saya pindah ke Makassar di Klinik Sehat dan mendapatkan rujukan ke RS Primaya,” jelasnya.

Ibu Fauziah telah menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri dan keluarganya. Pada awalnya, dia merasa putus asa karena biaya pengobatan yang sangat tinggi dan sulit dijangkau. Namun harapan datang saat dia mengetahui bahwa dia bisa menggunakan kepesertaannya di Program JKN untuk mendapatkan akses perawatan medis yang dibutuhkan, ia juga telah memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk pengambilan nomor antreannya secara online ketika ingin berobat.

  • Bagikan

Exit mobile version