Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, Manfaatkan KUR BRI untuk Industri Buku dan Pengadaan

  • Bagikan
Bachtiar Adnan Kusuma

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pria ini dikenal sebagai salah satu tokoh yang gencar menyuarakan budaya literasi di Indonesia. Bachtiar Adnan Kusuma, demikian nama pria kelahiran Makassar, 14 Oktober 1970 ini. Dia merupakan penulis buku biografi tokoh nasional dan lokal.

Menempuh pendidikan tinggi di Universitas Hasanuddin dengan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi, membuatnya cukup cakap berkomunikasi dengan siapa pun. Public speaking-nya pun tertata dan mudah dicerna saat berbicara dia depan khalayak ramai. Tak ayal, kemampuannya itu membuat Bachtiar Adnan Kusuma mudah dikenali.

Bang BAK, demikian dia disapa, menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Pusat.

Dia juga adalah Deklarator Nasional Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Pusat, Penggerak Akademi Literasi Nasional IKA BKPRMI Pusat dan peraih Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI.

"Sebagai aktivis dan pegiat literasi nasional telah mendudukkan literasi sebagai pilihan hidup kami. 26 tahun waktu panjang dan tak mudah menjaga konsistensi dan komitmen," katanya, Minggu (28/4/2024).

Menariknya, keluarganya pun ikut terlibat total membantu dan mendukung aktivitas literasinya. "Mereka sejak dini membantu, hingga sekarang saya sudah bercucu," tambahnya.

Meski telah banyak buku yang lahir dari buah pikiran dan risetnya, BAK mengaku banyak hal yang acapkali menantang karena masih sulit membentuk ekosistem literasi yang produktif. "Budaya baca belum kolosal dan butuh perjuangan panjang," tandasnya.

  • Bagikan

Exit mobile version