Kabupaten Pangkep Berpotensi Jadi Lumbung Pangan Indonesia

  • Bagikan
Pangkep. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Merupakan daerah kepulauan, potensi Kabupaten Pangkep masih bisa dimaksimalkan lebih baik. Termasuk pada sektor pertanian dan perikanan yang dimiliki.

Alumni Akademi TNI Angkatan Laut Korps Marinir yang juga putra daerah Pangkep, Saleh Pattola punya harapan serta cita cita yang besar demi membangun Kabupaten Pangkep sebagai kampung halamannya.

Menurut Saleh Pattola, ada beberapa aspek yang menjadi acuan keberhasilan pertanian di Pangkep seperti digitalisasi pertanian. Antara lain penerapan teknologi pertanian yang mutakhir.

Misalnya dengan menghadirkan aplikasi pertanian hingga pengelolaan sistem data pertanian disebuah wilayah. "Era digital tidak bisa dipungkiri akan menciptakan banyak aplikasi-aplikasi baru dalam dunia pertanian," ujar Saleh Patolla.

Namanya sendiri mulai dikaitkan dengan bursa calon bupati dan wakil bupati Pangkep. Ia sendiri tidak menampik itu. Maka soal pertanian dan menjadikan Pangkep sebagai lumbung pangan nasional sudah dua konsepkan.

Harapan dan cita-cita itu telah dituangkan dalam catatan pada program visi misi jika kelak mendapat amanah memimpin Kabupaten Pangkep lima tahun mendatang.

Ia menjelaskan bila para petani bisa melakukan transaksi penjualan hasil pertanian secara langsung kepada pembeli melalui aplikasi atau sekadar tanya jawab seputar pertanian kepada para ahli.

Bila dilihat dari segi manfaat, digitalisasi sistim petanian di Pangkep nantinya banyak memiliki keuntungan. Karena dunia pertanian, perkebunan dan perikananakan diurus oleh para petani milenial.

  • Bagikan

Exit mobile version