Penjelasan Aktivis, Mengapa Putri Dakka layak Pimpin Palopo

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALOPO - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) Kota Palopo, Harbiyanto mendorong figur perempuan untuk maju sebagai calon wali Kota Palopo Pilkada Serentak 2024.

Harbiyanto mengatakan, Pilkada Palopo 2024 adalah panggung perempuan untuk membuktikan dirinya jauh lebih berkualitas dalam memimpin masyarakat.

"Sudah saatnya Palopo dipimpin perempuan. Kampung kita ini butuh sentuhan gender quality dalam urusan politik, ekonomi dan pemerintahan," kata Harbiyanto kepada wartawan, Jumat (3/5).

Berkaca pada masa lalu, Palopo punya tokoh pejuang seorang perempuan yang gigih memperjuangkan kemerdekaan. Ia adalah Famajjah atau Opu Daeng Risadju.

Harbiyanto menyebut Opu Daeng Risadju merupakan bukti bahwa Palopo memberi ruang dan penghormatan yang sebesar-besarnya untuk perempuan.

"Itu buktinya bahwa Palopo ini punya sejarah kepemimpinan perempuan. Spirit Opu Daeng Risadju harus diterjemahkan dalam konteks hari ini yaitu, kepemimpinan politik," jelas Abbi sapaan Harbiyanto.

Putri Dakka, Kenapa Tidak?

Palopo menurut Abbi, punya figur perempuan potensial untuk jadi pemimpin di masa depan. Satu di antaranya adalah Putri Dakka. Ia menyebut setiap orang apalagi perempuan, punya hak yang sama untuk memilih dan dipilih.

"Kalau Putri Dakka siap dan mau, kenapa tidak? Beliau orang baik serta dikenal luas masyarakat Palopo. Saya kira, setiap orang ada masanya. Dan seperti saya bilang tadi, ini masanya perempuan," kata Abbi.

Di mata Abbi, Putri Dakka punya modal sosial yang cukup maju Pilkada Palopo. Ia menyinggung Pileg 2024, yang mana Putri berhasil meraih 13.707 di Palopo sebagai caleg DPR RI Dapil Sulsel 3.

  • Bagikan