Pemkot Siap Dukung PSN di Makassar, Mulai Stadion hingga Pengelolaan Sampah Energi Listrik

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Danny Pomanto bersama Presiden Jokowi saat Musrenbangnas 2024 (Foto: Instagram @dpramdhanpomanto)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar siap mendukung Program Strategis Nasional (PSN) yang berada di Makassar. Hal itu menanggapi perintah Presiden Jokowi.

Jokowi meminta pembangunan daerah mesti sinkron dengan pembangunan nasional. Itu diungkapkan pada Senin (6/5/24) saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2024, di Balai Sidang Jakarta Convention Center.

“Program yang dibuat pemerintah pusat harus sinkron dengan pembangunan daerah sehingga dapat berkelanjutan,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Makassar, Zulkifli Ananda yang hadir dalam acara itu, saat melalui WhatsApp.

Zulkifli mengatakan memang Jokowi tak spesifik menyebut pembangunan di Makassar dalam arahannya di forum itu. Hanya saja, dalam konteks pembangunan di Makassar itu merujuk pada program nasional yang ada di Kota Daeng.

“Hal ini tentunya berkaitan juga dengan perencanaan pembangunan Stadion Sudiang yang akan dibangun Kementerian PUPR,” ujarnya.

Di proyek itu, ia bilang Pemkot Makassar bakal mendukung pembangunan akses jalan menuju stadion. Anggaran yang disiapkan disebut Rp300 miliar.

“Tentunya Pemkot Makassar akan mendukung melalui pembangunan jalanan yang ada di sekitar stadion sehingga adanya sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah seperti yang dimaksud bapak presiden,” jelasnya.

Tidak hanya stadion, di Makassar juga direncankan pembangunan Pengolahan Sampah Energi Listrik (PSEL). Kata Zulkifli, pihaknya siap mengawal. “PSEL (salah satu PSN yang ada di Makassar),” terangnya.

  • Bagikan