Museum Kota Makassar Kembali Beroperasi Usai Tutup Enam Bulan, Ini Jam Operasionalnya

  • Bagikan
Gedung Museum Kota Makassar (Foto: Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Salah satu destinasi wisata sejarah di Makassar, Museum Kota Makassar kembali buka. Setelah ditutup sejak November 2023.

“Museum kembali dibuka dan kembali menerima pengunjung pertanggal 8 Mei 2024 hari Rabu kemarin,” kata Pemandu Museum Kota Makassar, Alif Mendes saat dikonfirmasi fajar.co.id melalui WhatsApp, Jumat (10/5/2024).

Sama seperti sebelumnya, Alif mengatakan waktu operasional Museum Kota Makassar tidak berubah. Buka setiap hari kecuali libur nasional.

“Mengenai waktu operasional Museum tetap sama yaitu pukul 09.00 - 15.30. Buka Senin - Minggu dan tutup di hari libur nasional,” ucapnya.

Museum yang dikelola Pemerintah Kota Makassar melalui UPT Museum ini sebelumnya diumumkan ditutup pada 14 November 2023. Karena dilakukan renovasi.

Alif mengatakan, setelah direnovasi museum yang mengoleksi sejumlah benda-benda terkait sejarah Kota Makassar itu menawarkan suasana baru.

“Tata ruang yang baru dan suasana baru dari penampilan yang ditampilkan oleh museum,” ujarnya.

Diketahui ada 720 koleksi yang ada di museum yang terletak di Jalan Balai Kota, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar tersebut.

Jenisnya macam-macam. Jika diklasifikan, ada sembilan jenis:

Etnografika (203 buah)
Arkeologika (101 buah)
Historika (230 buah)
Numismatika atau heraldika (102 buah)
Keramika (53 buah)
Teknologika (satu buah)
Seni Rupa (24 buah)
Naskah (dua buah)
Prasasti (empat buah)
(Arya/Fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version